Thursday, July 5, 2018

Apa itu Input Device(Alat Input) dan Contoh-Contohnya?

Input Device adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Contoh:


        1. Keyboard
Keyboard / Papan Ketik berfungsi untuk memasukan perintah secara langsung kedalam komputer yang berupa karakter, baik angka, huruf merupakan kode Ascii. Secara fisik keyboard terdiri atas 4 bagian, Yaitu:

        2. Mouse
Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari sistem operasi yang menggunakan tampilan grafik(GUI) pada saat bekerja. Penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Petunjuk/Cursor) berfungsi untuk memindahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja) Sistem operasi, mouse terdiri dari beberapa jenis seperti;
        a. Dual button
        b. Three button
        c. Scrool button
dari jenis portnya terbagi atas 4 bagian, yaitu;
        - Mouse Serial
        - Mouse Ps/2
        - Mouse USB
        - Mouse Wireless
        3. Scanner
Scanner Berfungsi untuk memasukan data gambar kedalam komputer dan memiliki prinsip kerja yang sama dengan mesin photocopy.
        4. Trackball
Trackball Secara umum memiliki fungsi yang sama dengan mouse. yang membedakan pada trackball adalah bentuk yang menyerupai bola sehingga pemilihan pointer menjadi lebih selektif.


        5. Digitizer
Digitizer banyak digunakan oleh kartunis yang membutuhkan koneksi  langsung antara soretan yang mereka buat dengan sistem komputer. Digitizer memiliki bentuk menyerupai buku tulis namun lebih tepat dan terhubung langsung dengan komputer melalui port Serial/Usb.
        6. Joystick

Pengguna game akan amat membutuhkan perangat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh pengguna keyboard dan mouse.