Wednesday, July 18, 2018

Apa itu Output Device(Alat Output) dan Contoh-Contohnya?

Output Device adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer, contoh-contoh output device ; 

        1. Monitor
Monitor adalah alat output yang menampilkan gambar dan dalam bentuk text, Perkebangan teknologi monitor:
            a. CRT
CRT adalah kepanjangan dari Cathode Ray Tube Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penambakan sinar katoda, bentuk fisik monitor ini terdiri dari 4 blok ,yaitu:
Vertical , Horizontal , Blok Video dan Power Supply.
Monitor tipe ini memiliki beberapa kelemahan antara lain adalah :
     1. Membutuhkan daya yang besar
     2. Menghasilkan radiasi  yang cukup tinggi
     3. Memiliki bentuk fisik yang besar

            b. LCD (Liquid Crystal Display)
LCD merupakan cairan crystal khusus yang berperda, apabila dilalui oleh sinyal sehingga menghasilkan bentuk dan warna. kelemahan LCD adalah harganya yang cukup mahal dan komponen fisik yang amat rentang terhadap gangguan, namun LCD juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah hanya memerlukan daya yang rendah (tegangan yang diperlukan hanya 2 volt) bentuk fisik yang kecil ramping sehingga mudah ditempatkan serta tidak menghasilkan radiasi

            c. LED (Light Emitting Diode)
LED merupakan teknologi monitor generasi terbaru. LED menggunakan diode untuk menampilkan gambar. Penggunaan dioda pada monitor LED membutuhkan daya listrik yang lebih kecil dari lcd, sehingga monitor LED lebih hemat listrik dari monitor LCD.

        2. Printer
Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak text/gambar pada kertas atau bahan lainnya.
Jenis Printer:
            a. Dot-Matrik
Jenis ini disebutkan dengan "Dot Matrix" karena hasil cetakan dibentuk oleh hentakan jarum pada pita yang membentuk karakter berupa titik-titik beraturan, oleh sebab itu suara yang dihasilkan oleh printer jenis ini lumayan berisik, printer jenis ini menggunakan pita karbon.

            b. Inkjet
Printer jenis ini mencetak dengan mengunakan semburan tinta cair pada permukaan kertaas, sehingga hasil cetaknya jauh lebih bagus dan cepat dibandingkan dot-matrik.
            c. Laser
Printer ini memiliki kecepatan dan kualitas cetak yang jauh melampaui dot matrik dan inkjet, prinsip kerja printer ini amat mirip dengan mesin foto copy yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen pemanas.

        3. Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer yang lain, yang membedakan secara umum adalah ukuran, plotter mampu memcetak pada kertas dengan ukuran A0 dan biasanya digunakan untuk mencetak peta.

        4. Speaker
Speaker adalah perangkat keras output komputer berupa suara.

        5. Proyektor   
Proyektor memikili fungsi yang sama dengan monitor bedanya proyektor menembakan gambar ke layar atau permukaan yang rata.